Saturday, 23 June 2012

Competitive Advantage, Make it Now !!!

Julian Cholse



Ilustrasu Competitive Advantage

Terkadang menjadi seorang yang telah diberikan banyak kelebihan oleh yang kuasa menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian besar orang. Namun, bagi anda yang tidak diberi banyak kelebihan oleh Dia, kau dapat membuat suatu hal yang lebih baik dari apa yang mereka punya, tak percaya? Simak cerita ini dan kau buktikan.

Apakah anda pernah berfikir jika diri anda diberikan sesuatu yang kurang adil dari-Nya? Jangan pernah berkecil hati akan itu, sebab jika semua manusia adalah sama maka warna dunia tak akan ada dan kaupun akan bosan menghadapinya. Jadikan hal itu sebagai langkah anda untuk maju dan berjuang membuat diri anda menjadi seorang yang dapat diandalkan dengan belajar keras dan membuat suatu competitive advantage dalam diri anda. Sebaliknya jika anda berfikir diri anda adalah telah lebih dari yang lainnya jangan terlalu berbahagia akan hal demikian karena comparative advantage tak semua membutuhkannya.

Pada dasarnya advantage dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
a.      Comparative Advantage
Comparative advantage merupakan suatu keunggulan yang telah ada pada diri kita tanpa memerlukan extra effort atau jika kita harafiahkan kedalam bahasa Indonesia telah ada sejak anda di lahirkan. Sebagai contoh Indonesia mempunyai comparative advantage di bidang sumber daya alam yang kaya, Brad Pitt memiliki ketampanan yang diperoleh udah dari sono-sononya, lain halnya dengan cowok2 dan cewek2 korea yang cantik-cantik tapi hasil oplas, hehhe

b.      Competitive Advantage
Competitive advantage lain lagi ceritanya dengan comparative advantage, keunggulan ini kamu dapatkan jika kamu mampu membuat dirimu memilikinya, alias kita menciptakannya sendiri. Mengapa butuh ini ? sebagaimana anda dan saya ketahui perkembangan zaman yang begitu pesat membuat anda dan saya harus berjuang keras untuk memenangkan persaingan. Seperti yang saya singgung di atas sebelumnya tidak semua orang membutuhkan comparative advantage dari diri anda, karena ketika anda memilikinya dan tak punya competitive advantage maka anda akan tak terpakai. Contoh saja Indonesia yang memiliki begitu banyak sumber daya alam sebagai comparative advantage nya  dimanfaatkan oleh orang asing karena tak memiliki competitive advantage utuk mengoleh sumber alamnya, sungguh malang memang. Lihatlah Singapore apakah dia punya comparative advantage melebihi Indonesia ? saya rasa tidak, mereka memiliki competitive advantage yang kuat.

Satu hal yang menjadi pertanyaan, bagaimana agar kita memiliki competitive advantage ? Anda harus menemukan, mengomunuikasikan, dan membangun.

a.         Find (Menemukan)
Bagaimana caranya ? Temukan jati diri anda terlebih dahulu, coba anda perhatikan beberapa kesukaan anda (hobi), membangun competitive advantage bisa di mulai dengan pengembangan hobi anda menjadi suatu competitive advantage. Cara lain untuk pengembangan competitive advantage bisa juga dengan kecocokan anda pada suatu bidang tertentu, sebagai contoh saya menyukai bidang IT maka saya akan lebih terterik mengembangkan competitive advantage di bidang tersebut. Namun hal ini bukan berarti anda tidak bisa menemukan competitive advantage dengan cara lain. Asal kan ada Niat dan Kemauan (NDK) semua bisa saja dilakukan.

b.        Communicate (Mengomunikasikan)
Setelah anda menentukan pilihan anda, komunikasikan dengan orang terdekat anda apakah hal itu cocok kiranya dengan diri anda. Atau ketika anda bingung untuk menentukan competitive advantage mana yang harus anda kembangkan anda dapat mengomunikasikannya dengan keluarga atau sahabat terdekat anda. Memang jika kita pikir competitive advantage yang kita kembangkan untuk diri kita kelak, tapi ada baiknya mengomunikasikannya dengan orang lain sebab kita tidak luput dari kesalahan dan ingat kita makhluk sosoial. Satu hal yang perlu kamu perhatikan, pendapat mereka tidak perlu semuanya kamu turuti, kamu menyaring konten mana yang kiranya benar dan mana yang salah, mana yang cocok dengan mu dan mana yang tidak.

c.        Build (Membangun/Mengembangkan)
Setelah langkah diatas selesai anda lakukan, langkah terakhir yang harus anda lakukan dan merupakan sebuah poin penting adalah membangunnya. Tanpa membangun competitive advantage yang telah anda putuskan maka hasilnya akan nihil. Misalkan anda seorang sarjana Ekonomi, mempunyai bakat IT dan telah kamu putuskan ingin mengmbangkannya berdasarkan hasil komunikasi dan keputusan anda, langkah selanjutnya andalah membangunnya dengan cara melakukan les pada salah satu bidang IT, mempelajari beberapa software-software dibidang Akuntansi, Manajeman, Statistik dll. Kemampuan anda dalam pengusaan Software tersebut merupakan competitive advantage bagi diri anda. 

Pengembangan competitive advantage sebagaimana yang telah saya sebutkan sebelumnya bukan hanya berdasarkan hobi atau kesukaan anda pada bidang tertentu, bisa saja hal tersebut muncul karena paksakan jaman yang semakin maju. Misalkan pengetahuan akan bahasa ingris yang menjadi mutlak, dan menambahkan bebarapa bahasa internasional lainnya jika anda mampu. Sebab bida dikatakan pengusaan bahasa ingris bukan suatu competitive advantage lagi karena semua orang wajib mengetahui nya.

Bagimana ? Siap mengembangkan competitive advantage anda? semuanya kembali kepada anda. 

Pesan saya "Jika ingin menjadi manusia yang berkualitas, buat diri anda mempunyai satu, dua, tiga atau beberapa hal yang berbeda dari yang lainnya, tentunya berbeda dalam hal competitive advantage dalam diri anda. Ingat jangan terlalu membanggakan comparative advantage anda karena tidak semua orang membutuhkannya"



Salam

_-Julian-_



0 comments:

Post a comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Julian Cholse