Wednesday, 18 April 2012

Perbandingan antara SFAC No.8 dengan Conceptual framework di PSAK 2009

Julian Cholse


PSAK Revisi 2009
a.                Persamaan
Keduanya sama-sama menyajikan informasi tentang keuangan pada suatu perusahaan serta kinerja keuangan yang tercermin dalam laporan keuangan perusahaan disusun atau dicerminkan dengan menggunakan dasar akrual, kecuali untuk arus kas.
b.                Perbedaan
-                   Dilihat dari tujuan dan sasaran
Dalam SFAC No 8,  tujuan pelaporan keuangan adalah menyediakan informasi keuangan yang berguna bagi mereka yang memiliki pemahaman memadai tentang aktivitas bisnis ekonomi untuk membuat keputusan investasi serta kredit, sehingga yang menjadi konsen utama dalam penyediaan laporan keuangan  adalah kebutuhan investor yang ada dan potensial, kreditor yang ada dan investor potensial.

Sedangkan di  dalam Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan (Kerangka Dasar) yang merupakan adopsi dari IFRS tidak demikian, tujuan pelaporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pengguna dalam pengambilan keputusan ekonomi. Sehingga yang menjadi konsen utama dalam pemakai laporan keuangan adalah investor sekarang dan investor potensial, karyawan,pemberi pinjaman, pemasok dan kreditur usaha lainnya, pelanggan, pemerintah serta lembaga-lembaganya, dan masyarakat.

-                   Dilihat dari kualitatif informasi
Menurut SFAC No.8, karakteristik kualitatif informasi dibagi menjadi dua yaitu kualitas utama, terdiri dari relevance, faithfull dan kualitas pendukung, terdiri dari comparability, verifiability, timeliness, dan understandability.

Sedangkan menurut Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan, karakteristik kualitatif informasi tidak dibagi menjadi dua kualitas seperti SFAC, tetapi ada empat karakteristik pokok yaitu dapat dipahami, relevan, keandalan, dan dapat diperbandingkan.



Salam


Julian Cholse

0 comments:

Post a comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Julian Cholse