Thursday, 28 October 2010

PROPOSAL BISNIS

Julian Cholse


PROPOSAL BISNIS merupakan salah satu katagori dari laporan. PROPOSAL BISNIS digunakan untuk menyampaikan struktur laporan yang bersifat memadukan antara informasi dan persuasif yang diberikan kepada pengguna internal perusahaan (direksi, atasan, dan lain-lain) maupun internal (klien, mitra perusahaan, investor, dan lain-lain). Dengan demikian, PROPOSAL BISNIS merupakan kategori khusus dari sebuah laporan (reports) yang memadukan antara informasi dan komunikasi persuasif.

tujuan PROPOSAL BISNIS, yaitu untuk kepentingan pengguna internal (PROPOSAL BISNIS internal), misalnya manajemen perusahaan dan pengguna eksternal (PROPOSAL BISNIS eksternal), misalnya sponsor atau investor.

1. PROPOSAL BISNIS internal
Dibuat untuk meminta serta membantu membuat keputusan kepada manager dalam suatu organisasi. Yang termasuk dalam internal PROPOSAL BISNIS adalah “funding PROPOSAL BISNIS”, yang meminta dana dan dukungan manajemen untuk proyek-proyek baru yang akan dilakukan perusahaan, dan “general project PROPOSAL BISNIS”, yang berisi meminta ijin untuk menjalankan proyek baru.

2. PROPOSAL BISNIS eksternal
Dibuat untuk meminta serta membantu membuat keputusan dari pihak-pihak diluar organisasi. Yang termasuk kedalam external PROPOSAL BISNIS adalah “investment PROPOSAL BISNIS”, yang meminta dana dari para investor, dan “sales PROPOSAL BISNIS”, PROPOSAL BISNIS penjualan yang dapat memberikan sarana untuk solusi masalah individu, atau untuk pemuasan kebutuhan barang maupun jasa. Jenis PROPOSAL BISNIS ini diajukan kepada pelanggan potensial.

3. Tahap Membuat PROPOSAL BISNIS

Terdapat tiga tahapan penulisan PROPOSAL BISNIS yaitu :

a. Perencanaan PROPOSAL BISNIS

- Menganalisa kondisi . Mengklarifikasi masalah atau melihat kesempatan yang ada, menentukan tujuan, mengembangkan profil penerima, dan mengembangkan rencana kerja.

- Mengumpulkan informasi. Mencari tahu apa yang dibutuhkan penerima, dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan agar dapat memberikan kepuasan kepada penerima.

- Memilih media yang tepat. Memilih media yang terbaik untuk menyampaikan pesan anda. Akan lebih baik jika dapat menyampaikan pesan melalui beberapa media.

- Mengorganisasikan informasi. Tentukan topik utama, membatasi ruang lingkup pembahasan, memilih pendekatan yang akan digunakan, baik pendekatan langsung maupun tidak langsung.

b. Penulisan PROPOSAL BISNIS
Tahap penulisan terdiri dari:

- Menyesuaikan dengan penerima. Perhatikan apa yang dibutuhkan penerima, juga perhatikan tingkah laku, kesopanan, dan bahasa yang bebas bias yang akan anda gunakan.

- Memilih kata-kata yang dapat diterima penerima. Pilih kata-kata yang “kuat” dan dapat membantu anda merangkai kalimat efektif.

c. Melengkapi dan menyelesaikan PROPOSAL BISNIS
Tahap ini terdiri dari:

- Merevisi pesan. Evaluasi isi PROPOSAL BISNIS, edit dan tulis ulang untuk memungkinkan PROPOSAL BISNIS lebih ringkas dan jelas.

- Menghasilkan pesan. Gunakan desain yang efektif untuk membantu penampilan anda.

- Periksa ulang (proofreading) pesan. Periksa kembali terhadap kemungkinan kesalahan yang terjadi.

- Kirimkan pesan. Sampaikan PROPOSAL BISNIS anda melalui media yang ada dan anda anggap efektif, bisa secara tertulis, diampaikan langsung atau melalui media elektronik.

4. Ciri-ciri PROPOSAL BISNIS yang Efektif.
Seperti halnya laporan, PROPOSAL BISNIS bisnis yang efektif dapat terdiri dari:

- Latar belakang

- Maksud dan tujuan

- Tema

- Waktu dan tempat

- Sasaran

- Lembar pengesahan.

5. Untuk PROPOSAL BISNIS permohonan dana, dilampirkan juga rekapitulasi proyeksi rugi laba atau hhasil studi kelayakan usaha yang merupakan salah satu informasi yang dibutuhkan pengguna. Namun demikian, umumnya pada setiap jenis PROPOSAL BISNIS terdapat lapiran rekapitulasi dana yang diperlukan untuk suatu proyek tententu yang akan atau sedang dibangun.

0 comments:

Post a comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Julian Cholse