Monday, 10 May 2010

Instant Messaging Meningkatkan Produktivitas Kerja?

Julian Cholse

Survei online yang dilakukan Microsoft Windows Live kepada 1.400 responden di Asia Tenggara menunjukan, 94 persen mengaku menggunakan Instant Messenger (IM) untuk melakukan komunikasi sosial, dan 54 persen di antaranya mengaku menggunakannya pada saat bekerja.

IM digunakan oleh mereka untuk berkomunikasi dengan kolega, bergosip, mengajak kencan, selingkuh, dan bahkan mengundurkan diri dari pekerjaan. Dari sejumlah responden yang menggunakan IM saat bekerja, 44,3 persen menghabiskan antara 10-30 persen waktu bekerjanya untuk online, sementara lebih dari 10 persen responden mengatakan bahwa mereka memanfaatkan lebih dari 80 persen waktu kerjanya untuk menggunakan Instant Messenger.

Ketika ditanya apakah hal tersebut membuat mereka tidak produktif di kantor, 59,4 persen dari mereka menjawab tidak. Penggunaan IM saat bekerja justru meningkatkan produktivitas mereka.

Lantas seberapa penting IM digunakan untuk komunikasi di kantor? lebih dari 37 persen mengatakan bahwa mereka menggunakan IM untuk berkomunikasi dengan kolega, 12,1 persen dengan klien, dan hampir 10 persen dengan pimpinan mereka.

Tidak hanya berfungsi sebagai sebagai alat komunikasi, 60,5 persen pengguna memanfaatkan IM untuk mengirim dokumen, yang menambah efisiensi kerja karyawan.

Source : Kompas.com

0 comments:

Post a comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Julian Cholse