Tuesday, 20 September 2011

Statement of Financial Accounting Concepts (SFAC ) N0. 8

Julian Cholse


Statement of Financial Accounting Concepts (SFAC ) N0. 8 Bahasa Indonesia (menggantikan SFAC No 1 dan 2)

BAB 3: KARAKTERISTIK KUALITATIF INFORMASI KEUANGAN  YANG BERGUNA

Pengantar

QC1. Karakteristik kualitatif dari informasi keuangan yang berguna dibahas dalam bab ini mengidentifikasi jenis informasi yang mungkin paling berguna kepada kreditur yang ada dan potensial investor, dan kreditur lainnya untuk membuat keputusan tentang perusahaan pelapor berdasarkan informasi dalam keuangan laporan (informasi keuangan).

QC2. Laporan keuangan memberikan informasi tentang sumber-sumber ekonomi perusahaan pelapor itu, klaim terhadap entitas pelaporan, dan efek dari transaksi dan peristiwa lain dan kondisi bahwa perubahan sumber daya dan klaim. (Informasi ini disebut dalam Kerangka konseptual sebagai informasi tentang fenomena ekonomi.) Beberapa laporan keuangan juga termasuk materi penjelasan tentang harapan manajemen dan strategi untuk entitas pelaporan dan jenis informasi lainnya ke depan.

QC3. Karakteristik kualitatif information5 keuangan berguna berlaku untuk informasi keuangan yang diberikan dalam laporan keuangan, serta informasi keuangan yang disediakan dengan cara lain. Biaya, yang merupakan kendala meresap pada kemampuan entitas pelaporan untuk memberikan informasi keuangan yang berguna, berlaku sama. Namun, pertimbangan dalam menerapkan karakteristik kualitatif dan kendala biaya mungkin berbeda untuk berbagai jenis informasi. Sebagai contoh, menerapkan mereka untuk informasi harapan masa depan mungkin berbeda dari penerapan mereka untuk informasi tentang ada sumber daya ekonomi dan klaim dan perubahan sumber daya dan klaim.

Karakteristik Kualitatif Informasi Keuangan Berguna
Fundamental Karakteristik Kualitatif

QC4. Jika informasi keuangan yang akan berguna, harus relevan dan setia mewakili apa yang dimaksudkan untuk mewakili. Kegunaan informasi keuangan ditingkatkan jika sebanding, diverifikasi, tepat waktu, dan dimengerti.
QC5. Karakteristik kualitatif fundamental adalah relevansi dan representasi setia.


Relevansi
QC6. informasi yang relevan keuangan mampu membuat perbedaan dalam keputusan yang dibuat oleh pengguna. Informasi dapat mampu membuat perbedaan dalam keputusan bahkan jika beberapa pengguna memilih untuk tidak mengambil keuntungan dari itu atau sudah menyadari hal itu dari sumber lain.
QC7. Informasi keuangan mampu membuat perbedaan dalam keputusan jika memiliki nilai prediksi, nilai konfirmatori, atau keduanya.
QC8. Informasi keuangan memiliki nilai prediktif jika dapat digunakan sebagai masukan bagi proses yang digunakan oleh pengguna untuk memprediksi hasil masa depan. informasi keuangan tidak perlu prediksi atau ramalan untuk memiliki nilai prediktif. Informasi keuangan dengan nilai prediktif digunakan oleh pengguna dalam membuat prediksi mereka sendiri.
QC9. Informasi keuangan memiliki nilai konfirmasi jika itu memberikan umpan balik (menegaskan atau perubahan) tentang evaluasi sebelumnya.
QC10. Nilai prediksi dan nilai konfirmasi informasi keuangan yang saling terkait. Informasi yang memiliki nilai prediktif sering juga memiliki nilai konfirmasi. Sebagai contoh, pendapatan informasi untuk tahun berjalan, yang dapat digunakan sebagai dasar untuk memprediksi pendapatan di masa mendatang, juga bisa dibandingkan dengan prediksi pendapatan untuk tahun berjalan yang dibuat di masa lalu. Hasil perbandingan tersebut dapat membantu pengguna untuk memperbaiki dan meningkatkan proses yang digunakan untuk membuat prediksi mereka sebelumnya.

Materialitas
QC11. Informasi bahan baku apabila menghilangkan atau misstating bisa mempengaruhi keputusan yang membuat pengguna berdasarkan informasi keuangan suatu entitas pelaporan tertentu. Dengan kata lain, materialitas adalah entitas-aspek tertentu dari relevansi berdasarkan sifat atau besarnya atau kedua item yang informasi tersebut berhubungan dalam konteks laporan keuangan entitas individu. Akibatnya, Dewan tidak dapat menentukan batas kuantitatif yang seragam untuk materialitas atau mentakdirkan apa yang bisa menjadi bahan dalam situasi tertentu.

Representasi yang Konsisten

QC12. Laporan keuangan merupakan fenomena ekonomi dalam kata-kata dan angka. Untuk menjadi berguna, informasi keuangan tidak hanya harus mewakili fenomena yang relevan, tetapi juga setia harus mewakili fenomena yang memiliki tujuan untuk mewakili. Untuk menjadi representasi sempurna setia, penggambaran itu akan memiliki tiga karakteristik. Ini akan lengkap, netral, dan bebas dari kesalahan. Tentu saja, kesempurnaan jarang, jika pernah, dicapai. Tujuan Dewan adalah untuk memaksimalkan kualitas mereka sejauh mungkin
QC13. Sebuah gambaran yang lengkap mencakup semua informasi yang diperlukan bagi pengguna untuk memahami fenomena yang sedang digambarkan, termasuk semua deskripsi yang diperlukan dan penjelasan. Sebagai contoh, gambaran lengkap dari sekelompok aktiva akan mencakup, setidaknya, gambaran sifat aset dalam kelompok, gambaran numerik dari semua aset dalam kelompok, dan deskripsi tentang apa penggambaran numerik merupakan (misalnya, biaya awal, biaya disesuaikan, atau nilai wajar). Untuk beberapa item, gambaran lengkap juga mungkin memerlukan penjelasan dari fakta-fakta yang signifikan mengenai kualitas dan sifat, faktor item dan keadaan yang mungkin mempengaruhi kualitas dan alam, dan proses yang digunakan untuk menentukan penggambaran numerik.
QC14. Sebuah penggambaran netral tanpa bias dalam seleksi atau penyajian informasi keuangan. Sebuah penggambaran netral tidak miring, tertimbang, menekankan, memakai perlombaan, atau dimanipulasi untuk meningkatkan probabilitas bahwa informasi keuangan akan diterima baik atau tidak baik oleh pengguna. informasi Netral bukan berarti informasi dengan tidak ada tujuan atau tidak mempengaruhi perilaku. Pada informasi, sebaliknya keuangan yang relevan, menurut definisi, mampu membuat perbedaan dalam keputusan pengguna.
QC15. representasi Setia tidak berarti akurat dalam segala hal. Bebas dari kesalahan berarti tidak ada kesalahan atau kelalaian dalam deskripsi fenomena, dan proses yang digunakan untuk menghasilkan informasi yang dilaporkan telah dipilih dan diterapkan dengan tidak ada kesalahan dalam proses. Dalam konteks ini, bebas dari kesalahan tidak berarti sempurna akurat dalam segala hal. Sebagai contoh, estimasi harga tidak teramati atau nilai tidak dapat ditentukan untuk menjadi akurat atau tidak akurat. Namun, representasi dari estimasi yang bisa setia jika jumlah dijelaskan dengan jelas dan akurat sebagai perkiraan, sifat dan keterbatasan dari proses memperkirakan dijelaskan, dan tidak ada kesalahan telah dibuat dalam memilih dan menerapkan proses yang sesuai untuk mengembangkan estimasi.
QC16. Sebuah representasi setia, dengan sendirinya, tidak selalu menghasilkan informasi berguna. Sebagai contoh, sebuah entitas pelaporan mungkin menerima aset, dan peralatan melalui hibah pemerintah. Jelas, melaporkan bahwa suatu entitas diperoleh aset tanpa biaya setia akan mewakili biaya, tapi informasi yang mungkin tidak akan sangat berguna. Contoh yang sedikit lebih halus adalah perkiraan untuk jumlah yang besarnya aset yang tercatat harus disesuaikan untuk mencerminkan adanya penurunan nilai asset. estimasi tersebut dapat menjadi representasi setia jika perusahaan pelapor telah diterapkan dengan benar proses yang sesuai, menggambarkan benar perkiraan, dan menjelaskan setiap ketidakpastian yang berpengaruh signifikan terhadap estimasi. Namun, jika tingkat ketidakpastian dalam estimasi tersebut cukup besar, memperkirakan bahwa tidak akan berguna. Dengan kata lain, relevansi nilai aset yang setia diwakili dipertanyakan. Jika tidak ada representasi alternatif yang lebih setia, bahwa perkiraan dapat memberikan informasi yang terbaik yang tersedia.
Menerapkan Karakteristik Kualitatif Fundamental
QC17. Informasi harus relevan dan setia baik mewakili jika ingin bermanfaat. Baik representasi setia dari sebuah fenomena yang tidak relevan, atau tidak setia representasi dari fenomena yang relevan, membantu pengguna membuat keputusan yang baik.
QC18. Proses yang paling efisien dan efektif untuk menerapkan karakteristik kualitatif pokok biasanya akan sebagai berikut (tergantung efek karakteristik meningkatkan dan kendala biaya, yang tidak dipertimbangkan dalam contoh ini). Pertama, mengidentifikasi suatu fenomena ekonomi yang memiliki potensi untuk menjadi berguna bagi pengguna informasi keuangan entitas pelaporan itu. Kedua, mengidentifikasi jenis informasi tentang fenomena yang akan paling relevan jika tersedia dan dapat setia diwakili. Ketiga, menentukan apakah informasi yang tersedia dan dapat setia diwakili. Jika demikian, proses memenuhi karakteristik kualitatif mendasar berakhir pada saat itu. Jika tidak, proses ini diulang dengan jenis yang paling relevan berikutnya informasi.

Meningkatkan Karakteristik Kualitatif
QC19. Komparatif, verifiability, ketepatan waktu, dan dimengerti karakteristik kualitatif yang meningkatkan kegunaan dari informasi yang relevan dan setia diwakili. Karakteristik kualitatif meningkatkan juga dapat membantu menentukan mana dari dua cara harus digunakan untuk menggambarkan fenomena jika keduanya dianggap sama relevan dan setia diwakili.

Komparatif
QC20. keputusan Pengguna 'melibatkan memilih antara alternatif, misalnya, menjual atau menahan investasi, atau berinvestasi dalam satu entitas pelaporan atau yang lain. Akibatnya, informasi tentang suatu entitas pelaporan lebih berguna jika dapat dibandingkan dengan informasi yang sama tentang entitas lain dan dengan informasi yang sama tentang entitas yang sama untuk periode atau tanggal lain.
QC21. Komparatif adalah karakteristik kualitatif yang memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi dan memahami kesamaan, dan perbedaan antara, item. Berbeda dengan karakteristik kualitatif lainnya, komparatif tidak berhubungan dengan item tunggal. studi perbandingan membutuhkan setidaknya dua item.
QC22. Konsistensi, meskipun terkait dengan perbandingan, tidak sama. Konsistensi mengacu pada penggunaan metode yang sama untuk item yang sama, baik dari waktu ke waktu dalam entitas pelaporan atau dalam periode satu di seluruh badan. Komparatif adalah tujuan; konsistensi membantu untuk mencapai tujuan tersebut.
QC23. Komparatif tidak keseragaman. Untuk informasi yang sebanding, seperti sesuatu harus terlihat sama dan hal yang berbeda harus terlihat berbeda. Komparabilitas informasi keuangan tidak akan disempurnakan dengan membuat hal-hal yang mirip seperti lebih dari itu ditingkatkan dengan membuat seperti hal-hal yang terlihat berbeda.
QC24. Beberapa derajat komparatif kemungkinan akan dicapai dengan memenuhi karakteristik kualitatif yang mendasar. Sebuah representasi umat dari fenomena ekonomi yang relevan alami harus memiliki beberapa derajat komparatif dengan representasi setia fenomena ekonomi serupa yang relevan dengan entitas lain pelaporan.
QC25. Meskipun fenomena ekonomi tunggal dapat setia diwakili dalam berbagai cara, memungkinkan metode akuntansi alternatif untuk fenomena ekonomi yang sama berkurang dibandingkan.

Verifiability
QC26. Verifiability membantu meyakinkan pengguna bahwa informasi setia merupakan fenomena ekonomi yang memiliki tujuan untuk mewakili. Verifiability berarti bahwa pengamat berpengetahuan dan independen yang berbeda bisa mencapai konsensus, meskipun tidak selalu perjanjian lengkap, bahwa penggambaran tertentu merupakan representasi setia. informasi dikuantifikasi tidak perlu perkiraan titik tunggal yang akan diverifikasi. Berbagai jumlah yang mungkin dan probabilitas terkait juga dapat diverifikasi.
QC27. Verifikasi dapat langsung atau tidak langsung. verifikasi langsung berarti memverifikasi jumlah atau representasi lain melalui pengamatan langsung, misalnya, dengan menghitung uang tunai. verifikasi tidak langsung berarti memeriksa masukan ke rumus, model, atau teknik lain dan menghitung ulang output dengan menggunakan metodologi yang sama. Contohnya adalah memverifikasi nilai tercatat persediaan dengan memeriksa input (kuantitas dan biaya) dan menghitung ulang persediaan akhir dengan menggunakan asumsi arus biaya yang sama (misalnya, dengan menggunakan-pertama, metode pertama-keluar).
QC28. Mungkin tidak mungkin untuk memverifikasi beberapa penjelasan dan memandang ke depan informasi keuangan sampai masa yang akan datang, jika sama sekali. Untuk membantu pengguna memutuskan apakah mereka ingin menggunakan informasi itu, biasanya akan perlu untuk mengungkapkan asumsi yang mendasari, metode mengumpulkan informasi, dan faktor lain dan keadaan yang mendukung informasi tersebut.

Ketepatan waktu
QC29. Ketepatan waktu berarti memiliki informasi yang tersedia untuk pengambil keputusan dalam waktu yang akan mampu mempengaruhi keputusan mereka. Umumnya, semakin tua informasi tersebut, yang kurang berguna itu. Namun, beberapa informasi dapat terus tepat waktu lama setelah akhir periode pelaporan karena, misalnya, beberapa pengguna mungkin perlu untuk mengidentifikasi dan menilai tren.
Understandability
QC30. Mengklasifikasikan, karakterisasi, dan penyajian informasi secara jelas dan ringkas membuatnya dimengerti.
QC31. Beberapa fenomena tersebut inheren kompleks dan tidak dapat dibuat mudah dipahami. Tidak termasuk informasi tentang orang-fenomena dari laporan keuangan mungkin membuat informasi dalam laporan keuangan yang mudah dimengerti. Namun, laporan tersebut akan menjadi tidak lengkap dan karena itu berpotensi menyesatkan.
QC32. Laporan keuangan disusun untuk pengguna yang memiliki pengetahuan yang cukup atas aktivitas bisnis dan ekonomi dan yang meninjau dan menganalisis informasi yang rajin. Kadang-kadang, bahkan pengguna yang terinformasi dengan baik dan rajin mungkin perlu meminta bantuan penasihat untuk memahami informasi tentang fenomena ekonomi yang kompleks.

Menerapkan Karakteristik Kualitatif Meningkatkan
QC33. karakteristik kualitatif Meningkatkan harus dimaksimalkan sejauh mungkin. Namun, karakteristik kualitatif meningkatkan, baik secara individu maupun sebagai kelompok, tidak dapat membuat informasi berguna jika informasi yang tidak relevan atau tidak setia diwakili.

QC34. Menerapkan karakteristik kualitatif meningkatkan adalah proses berulang yang tidak mengikuti perintah yang ditentukan. Kadang-kadang, satu karakteristik kualitatif meningkatkan mungkin harus berkurang untuk memaksimalkan lain karakteristik kualitatif. Sebagai contoh, penurunan sementara dalam perbandingan sebagai akibat dari prospektif menerapkan standar pelaporan keuangan yang baru mungkin akan bermanfaat untuk meningkatkan relevansi atau representasi setia dalam jangka panjang. pengungkapan yang tepat mungkin sebagian mengimbangi noncomparability.

Kendala Biaya pada Pelaporan Keuangan yang Berguna
QC35. Biaya merupakan kendala luas atas informasi yang dapat disediakan oleh laporan keuangan. Pelaporan informasi keuangan memaksakan biaya, dan penting bahwa biaya tersebut dibenarkan oleh manfaat dari pelaporan informasi tersebut. Ada beberapa jenis biaya dan manfaat untuk dipertimbangkan.
QC36. Penyedia informasi keuangan mengeluarkan sebagian besar usaha yang terlibat dalam pengumpulan, pengolahan, memverifikasi, dan menyebarluaskan informasi keuangan, namun pengguna akhirnya menanggung biaya-biaya dalam bentuk pengembalian berkurang. Pengguna informasi keuangan juga dikenakan biaya menganalisis dan menafsirkan informasi yang diberikan. Jika informasi yang dibutuhkan tidak tersedia, pengguna akan dikenakan biaya tambahan untuk mendapatkan informasi yang di tempat lain atau untuk memperkirakan itu.

QC37. Pelaporan informasi keuangan yang relevan dan setia mewakili apa yang dimaksudkan untuk mewakili membantu pengguna untuk membuat keputusan dengan lebih percaya diri. Hal ini mengakibatkan fungsi yang lebih efisien pasar modal dan biaya yang lebih rendah modal bagi perekonomian secara keseluruhan. Seorang investor individu, pemberi pinjaman, dan kreditur lainnya juga menerima manfaat dengan membuat keputusan yang lebih. Namun, tidak mungkin untuk laporan keuangan bertujuan umum untuk memberikan semua informasi yang setiap pengguna menemukan yang relevan.
QC38. Dalam menerapkan kendala biaya, Dewan menilai apakah manfaat dari pelaporan informasi tertentu cenderung untuk membenarkan biaya yang dikeluarkan untuk menyediakan dan menggunakan informasi tersebut. Ketika menerapkan kendala biaya dalam mengembangkan standar pelaporan keuangan yang diusulkan, Dewan mencari informasi dari penyedia informasi keuangan, pengguna, auditor, akademisi, dan lain-lain tentang sifat dan kuantitas yang diharapkan manfaat dan biaya standar tersebut. Pada kebanyakan situasi, penilaian didasarkan pada kombinasi informasi kuantitatif dan kualitatif.
QC39. Karena subjektivitas yang melekat, penilaian individu yang berbeda atas biaya dan manfaat dari pelaporan barang-barang tertentu atas informasi keuangan akan bervariasi. Oleh karena itu, Dewan berupaya untuk mempertimbangkan biaya dan manfaat dalam kaitannya dengan pelaporan keuangan umum, dan tidak hanya dalam kaitannya dengan entitas pelaporan individu. Itu tidak berarti bahwa penilaian biaya dan manfaat selalu membenarkan persyaratan pelaporan yang sama untuk semua entitas. Perbedaan mungkin cocok karena ukuran yang berbeda entitas, cara berbeda untuk meningkatkan modal (umum atau pribadi), kebutuhan pengguna yang berbeda ', atau faktor lainnya.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Julian Cholse